Minggu, 14 April 2013

Sholat subuh jamaah mencegah radiasi radon


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiSsoILgIPplJ4DXzaKKuIASPdEuxV7u4oq7oqHgLtDanI9M-r_ylWs_Sd0hPWVlI3v8EXsFtzBJ7MqNedzFuIPQPnW-S-iycqP3vql9Xf40MIM7tcWZgJEwl6-SUh9rSYjoHCCrowJFYo/s1600/radon.gif
Selamat pagi!!! Mungkin sapaan ini muncul saat segala hal dimulai. Saat pagi inilah kita melakukan beberapa hal. Mulai dari bangun hingga kita berangkat kerja atau rekreasi. Nah tahu nggak, mungkin bagi kita(seorang muslim) kita awali hari yang indah dengan rutinitas wajib yaitu sholat subuh. Pada saat sebelum terbit fajar kita diwajibkan untuk sholat subuh. Mungkin sholat subuh ini merupakan kewajiban yang sangat susah untuk dikerjakan oleh beberapa muslim. Disamping waktunya yang pagi,
faktor kemalasan juga menjadi alasan kenapa sholat subuh itu susah apalagi jamaah di masjid bagi muslim laki-laki.
Dimulai ketika tadi sempat sholat subuh jamaah di masjid, saya sempat berfikir bahwa sholat subuh itu manfaatnya apa aja. Nah saya coba tuh untuk menghubungkan dengan apa yang saya pelajari saat ini. Ketika kita mau sholat subuh jamaah di masjid maka ada prosesnya. Dimulai dengan bangun pagi, terus ambil wudhu dan pergi menuju masjid untuk sholat jamaah. Mungkin sekilas kita sudah mendapat manfaat satu hal, yaitu olahraga. Dimana setiap langkah yang kita lakukan itu bisa menjadi langkah olahraga kita dan fadilah yang paling utama ketika melangkahkan kaki kita menuju masjid maka janji Allah akan menghapuskan dosa orang yang melangkahkan kakinya menuju masjid dan mengangkat derajatnya, Subhanallah. Akan tetapi fokus saya pada pembahasan ini adalah mengenai suatu radiasi alam. Dimana radiasi alam itu bisa berwujud macam-macam. Salah satunya adalah gas Radon.
Radon adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Rn (Rn-222). Radiasi gas radon ini merupakan radiasi utama yang kita terima sehari-hari. Kenapa demikian? Gas Radon ini sendiri muncul bersamaan dengan udara yang selalu kita hirup sehari-hari. Menurut data yang saya dapat dari web BATAN (batan.go.id), gas radon ini muncul dari tanah dan akan tersebar ke udara. Kemudian radiasi gas radon tersebut masuk dalam rumah. Efek dari radiasi gas radon akan meningkat bersamaan dengan peningkatan konsentrasinya khususnya pada ruangan tertutup. Menurut data dosis efektif radon yang kita terima dari gas radon ini sekitar 1.2 mSv per tahun dan radiasi total yang kita terima baik secara alamiah maupun buatan sekitar 2.8 mSv. Dari situ terlihat kontribusi dari radiasi radon ini besar sekitar 43 % dari total dosis yang kita terima. Selain itu gas radon juga dapat memancarkan radiasi alpha dengan kualitas rusak alpha sendiri yang tinggi. Ada efek bahaya yang diberikan oleh gas radon ini salah satunya gas radon ini juga dapat mengiradiasi paru-paru sehingga dapat memicu resiko terkena kanker bagi manusia. Dari hal tersebut terlihat jelas efek dari gas radon ini sangat berbahaya bagi manusia. Ada beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk mengurangi konsentrasi gas Radon ini. Salah satunya kita membuat ventilasi yang cukup di rumah yang kita huni supaya konsentrasi gas radon dapat dispersikan keluar ruangan kita.
So, apa hubungannya dengan sholat subuh jamaah?. Jika difikir kembali, maka gas radon ini berbahaya jika konsentrasinya meningkat dan dalam kondisi tertutup maka kebanyakan rumah-rumah di kota besar sedikit ventilasinya. Maka dari itu langkah ke masjid untuk sholat subuh jamaah bisa menjadi suatu tindakan bagus untuk mengurangi efek radiasi gas radon ini. Mulai dari terbangun hingga akhirnya kita bisa menghirup udara segar dari luar rumah dengan konsentrasi radon yang tidak lebih banyak dari pada kita harus tertidur di kamar dan malas-malasan. Disamping itu sesungguhnya banyak lagi manfaat yang dapat kita peroleh dari sholat subuh jamaah di masjid. Seperti sabda Rosulullah :
“Bahwa Rasulullah saw. Bersabda : Seandainya manusia tahu apa (keutamaan) yang terdapat dalam azan dan barisan pertama, kemudian mereka tidak mendapatkannya kecuali dengan cara mengundi, pasti mereka akan mengundinya. Seandainya mereka tahu apa (keutamaan) yang terdapat dalam bersegera (datang sedini mungkin) melakukan salat, pasti mereka berlomba-lomba melakukannya. Seandainya mereka tahu apa yang terdapat dalam salat Isyak dan salat Subuh, pasti mereka akan mendatanginya meskipun dengan merangkak.” (Shahih Muslim No.661)
Wallohua’lam bi sowab...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar