Rabu, 10 Oktober 2012

Tips unik menghadapi suatu problem dengan Fisika



Segala permasalahan pasti ada jalan keluarnya. Banyak orang mencari ide untuk memecahkan masalah tersebut dengan cara mereka masing-masing. Semisal saja dalam menghadapi masalah tentang perjodohan. Menurut beberapa orang” jodoh itu penting banget dan mencari jodoh itu susahnya minta ampun”. Untuk memecahkan masalah itu, terkadang ada yang melampiaskan ke biro perjodohan, ada yang nyewa mak comblang hingga terkadang dukunpun tak canggung-canggung untuk bertindak bila gak da jalan lain lagi. :)

Nah loh, mantep-mantep kan caranya, mungkin masih banyak cara lain yang lebih unik dan kreatif lagi hehe…
Disini gw mau nyaranin beberapa tips unik yang gw ambil dari mata kuliah yang gw ambil. Gw rasa hidup itu memang penuh problematika. Dan kejadian itu dialami oleh orang dewasa hingga remaja. Tetapi jika dilihat ada banyak jalan yang bisa kita tempuh, seperti kata bang maher zain dalam lagunya yang pastinya kalian udah tahu judulnya. Ada suatu urutan langkah unik yang bisa diterapin dalam menghadapi masalah. Permasalahan itu akan diselesaikan dengan sedikit metode fisika. Jangan karena dengan metode fisika, kalian langsung berfikir tips ini berupa rumus, ndak ada rumus ndak ada symbol romawi hehe.. ada 4 langkah yang harus kalian lakukan untuk menyelesaikan masalah
  
1. Spesifikasi keadaan yang kalian hadapi
Saat kalian menghadapi masalah melihat sikon itu penting banget. hal yang pertama dicari jangan solusi, keadaanlah yang harus kalian pikirkan dahulu. Kembali ke contoh awal. Saat kalian mencari jodoh maka lihat dulu kondisi kalian. Kondisi disini dimaksutkan kondisi jiwa raga anda mampu nggak. Mampu nggak dengan semua pertanggung jawaban yang akan kalian hadapi, mampu nggak dengan segala tuntutan lo akan menjadi seorang figure imam bagi calon lo. Pikirin itu dulu baru melangkah ke step berikutnya.

2. Pikirkan jalan apa saja yang sekiranya kalian dapat ambil
Nah setelah memantapkan diri dan “memantaskan diri” langkah selanjutnya adalah berusaha untuk mendapatkan jodoh tersebut. Yah, ada yang bilang bahwa masalah jodoh itu ada ditangan tuhan. Akan tetapi jika kalian tidak berusaha ya tetep aja ditangan tuhan dong(kata bang Ipho Right). Dari itu dapat disimpulkan bahwa perlu suatu tindakan nyata untuk mendapatkan bidadari dunia itu.

3. Ambil suatu tindakan terbaik dari itu semua
Memantapkan diri udah, menentukan jalan-jalan yang bisa dilakukan udah. Nah yang ketiga ini, ambil tuh jalan yang menurut kalian terbaik. Jalan yang menurut kalian sudah sesuai resep Rosul kita dan itu pasti berbuahkan manis diakhirnya. Ada banyak cerita lucu tentang jalan mencari jodoh seperti cerita romansa syaidina ali dan putri Rosul syaidati Fatimah. Gw rekomendasiin kalian baca tuh cerita mereka berdua. Biar kalian ngerti apa itu yang dinamakan cinta yang indah hehe. Dan gw yakin habis baca buku itu kalian akan dapatkan tindakan terbaik untuk jodoh kalian(Amin)

4. Perhitungkan(gak pakek kalkulator) seberapa besar peluang terjadinya tindakan tersebut.
Langkah terakhir setelah kalian sudah mendapatkan jalan terbaik maka perhitungkanlah. Perhitungkan berarti kemungkinan yang akan kalian dapet dari tindakan yang akan kalian lakukan. Perhitungan ini biasanya jika setangah-setengah akan membuat kalian ragu. Diharapkan dengan langkah ke empat ini akan membuat kalian yakin akan tindakan yang kalian ambil. Dan setelah yakin ya Allahlah yang menjadi hakim terakhir akan hasil yang akan kita terima.

Itu tadi sedikit tips yang dapat saya berikan. Perlu diingat!! Perjodohan yang saya buat tadi hanya sekelumit contoh yang dimana banyak kejadian lain yang bisa dimasukkan menjadi contoh selanjutnya. Dan segala macam baik isi tips ada saran-saran merupakan suatu pemikiran. Bilamana ada komentar atau apa penulis siap sekali menerima. Last statement..
Berfikir secara fisika itu sebenernya banyak menguntungkan bagi kita. Masalah yang banyak, solusinya bisa didapatkan dengan cara menyederhanakannya menjadi kecil.
Wa Allahu a'lam...
Inspired by pak Hikam dosen Fisika Statistik

3 komentar:

  1. Mantabs jak, hehe
    Asisten FisStat like this!! :D

    BalasHapus
  2. Kata beliau :
    "cukup 3 langkah dalam mnyelesaikan masalah.
    1. Allah dulu
    2. Allah lagi
    3. Allah terusssss."

    BalasHapus
  3. haha terima kasih banyak solusi, dan tidak ada permasalahan diluar batas kemampuan kita :)

    BalasHapus