Sabtu, 13 Oktober 2012

Small Thing with Big Think


                
Sesuatu yang kecil belum tentu dapat difikirkan dengan mudah. Sebagaimana Einstein pernah bilang”Everything should be made as simple as possible, but not simpler”. Terkadang kita beranggapan bahwa sesuatu yang kecil itu tidak penting dan tidak berguna. Untuk beberapa hal mungkin kita sering menemui hal yang besar. Semisal kita melihat sekumpulan pasir dan kita melihat suatu bangunan. Akan lebih berarti jika bangunan itu yang kita fikirkan. Sering kali kia melihat hasil jadi yang paling penting. Kita sering lupa bahwa bangunan sendiri terbuat dari pasir. Nah pasir sendiri ada jenis-jenisnya. Jika kita ingin bangunan yang bagus dan kokoh pastinya kita meninjau pasirnya juga kan. Selain itu
jika kita membangun sebuah semen pasti komponen lain yang kecil juga dilihat. Semen aja terkadang kita harus pilih-pilih ntah dari segi harga maupun kualitasnya.
                Dari sedikit ilustrasi diatas ada suatu penemuan yang menghebohkan tahun ini. Dimana penemuan itu mengangkat si penemu menjadi san laureates. Dimana penghargaan itu sangat prestius bagi para peneliti. Beliau bernama Serge Haroche, David J. Wineland. Serge Haroche sendiri lahir tahun 1944 di Casablanca, Maroko. Beliau meraih gelar Ph.D di Universite Pierre et Marie Curie Paris, France dan sekarang berprofesi sebagai Profesor di College de France and Ecole Normale Sperieure, Paris, France. Sedangkan David J. Wineland lahir tahun 1944 di Milwaukee, WI, USA. Wineland meraih Ph.D di Harvard University, Cambridge, MA, USA dan sekarang berprofesi sebagai Grup Leader dan anggota NIST(National Instituete of Standards and Technology) dan University of Colorado Boulder,CO, USA. Hasil masterpiece beliau ini berkenaan dalam  suatu yang kecil yaitu partikel. Khususnya dalam mengontrol partikel dalam dunia kuantum. Dimana mereka berdua berhasil secara mandiri menemukan dan mengembangkan metode ground-breaking untuk mengukur dan memanipulasi single partikel dengan menjaga mekanika kuantum alami, yang dimana sebelumnya belum tercapai.
                Haroche dan Wineland menjadi pembuka wawasan baru bagi dunia terutama pada bidang eksperimen dengan metode fisika kuantum. Hal tersebut dilakukan dengan cara menunjukkan suatu konsep penelitian langsung terhadap system kuantum individu tanpa mengganggunya. Melalui laboratorium canggih milik mereka, mereka mampu mengukur dan mengontrol kondisi kuantum yang sangat rumit. Penelitian mereka berbasiskan pada pembuatan tipe baru dari computer super cepat. Metode yang mereka gunakan juga mampu memandu kita untuk mengkontruksi suatu clocks dengan sangat teliti, dan kemungkinan akan menjadi dasar standar waktu yang baru. Dimana ketepatannya sendiri 100 kali lebih baik dari pada yang digunakan sekarang yaitu caesium clocks.
                Dalam meneliti suatu partikel individu sendiri baik cahaya maupun benda, hukum fisika klasik sudah tidak mampu dan giliran fisika kuantumlah yang mampu menjelaskannya. Akan tetapi dalam mengisolasi suatu partikel individu itu tidak semudah yang kita lihat. Adanya suatu hubungan dengan partikel-partikel disekitar itu membuat pekerjaan ini semakin rumit. Dan banyak peneliti yang memprediksikan bahwa mekanika kuantum sendiri merupakan suatu yang abstrak dan hanya bisa dijelaskan menggunakan teori tanpa bantuan eksperimen secara langsung.
                Mereka berdua bergelut didunia optic kuantum dan mempelajari interaksi antara cahaya dan zat sejak tahun 1980. Metode yang mereka gunakan merupakan metode yang sudah ada. Dimana Wineland mengurung atom bermuatan atau ion dengan listrikkemudian dikontrol sehingga dapat diukur dengan bantuan cahaya berupa foton. Sedangkan Haroche melakukan pendekatan yang berkebalikan dengan Wineland. Haroche mengontrol dan mengukur foton(partikel cahaya) dengan bantuan atom.
Penelitian yang dilakukan tersebut sangat memberikan kontribusi yang besar bagi perkembangan teknologi. Teknologi mutakhir berupa suatu clocks yang berbasiskan partikel sendiri sudah hampir dipastikan tidak lama lagi akan segera terbuat. David Wineland dan Serge Haroche sekaligus menjadi penemu yang mampu memberi masukan bagi perkembangan teknologi baru dengan metode mereka. Dimana dari hasil yang mereka dapat, timbul suatu kepastian untuk mengukur dan mengontrol suatu system kuantum individu dengan presisi yang sangat tinggi. Dan gagasan yang mereka buat sekaligus mampu menjadi evolusi dari kondisi Schrodinger’s cat dan menjadi batu loncataan computer kuantum dengan pengembangan optical clocks yang sangat presisi.
Dari sekilas review dari hasil yang didapatkan oleh para Laureate tersebut kita dapat mengambil beberapa hikmah. Dimana dalam mengembangkan suatu yang besar maka dimulailah dari suatu yang kecil. Apabila komponen yang sudah ada kita dapat cari mana yang terbaik maka tersusunlah suatu konsep besar yang paling canggih juga. Begitu juga kita dalam bertindak, jangan meremehkan orang kecil ataupun dosa kecil karena dibalik itu semua akan ada suatu hal yang penting dimana kita dapat melihat bahwa orang yang besar ada karena orang kecil ada, sekaligus jika orang takut dan tidak melakukan dosa kecil maka dosa besarpun niscaya akan mereka tinggalkan.
Wa Allahua’alam….
Inspired by Noble Prizes winner in Physics 2012 David Wineland and Serge Haroche 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar