Jumat, 07 September 2012

Teknologi nano (nanotechnology)



Merupakan suatu teknologi yang dilakukan untuk benda dalam skala molekul. Dalam teknologi ini kita akan belajar dan membuat suatu mesin dalam ukuran molekul maupun dalam skala atom(atomic level). Dalam garis besarnya nanoteknologi berhubungan langsung dengan benda yang amat kecil. Ukuran yang biasanya berkisar antara 1 hingga 100 nanometer. Nanometer sendiri setara dengan 1/109 (sepersatu milyar) meter. Dalam perkembanganya sendiri memerlukan peralatan yang sudah mutakhir.
Nanoteknologi merupakan suatu teknologi yang baru. Teknologi ini mulai diperkenalkan oleh seorang peneliti dari Amerika bernama K. Eric Drexler pada tahun 1980. Pada tahun tersebut beliau telah berbicara tentang suatu pembuatan mesin berskala molekul, motor berukuran nanometer, lengan robot, dan computer. Selama 10 tahun, Drexler menghabiskan hidupnya untuk mendiskripksiakn dan menganalisa mengenai suatu alat yang luar biasa dan membantah adanya suatu ketidak mungkinan pembuatan teknologi ini.
Pada saat ini kata nanoteknologi sendiri memiliki suatu arti yang sedikit berbeda. Disamping membentuk suatu motor atau computer dalam skala mikroskopik, para peneliti juga memiliki gagasan terbaru dengan membuat suatu mesin atom dengan pemilihan atom sesuai dengan kebutuhan mereka. Dari hal tersebut mengindikasikan bahwa nanoteknologi membuat suatu mesin yang dimana mesin tersebut memiliki fungsinya sendiri(initial function) akan tetapi saat mesin-mesin tersebut digabung dengan mesin yang lain maka atom-atom yang berada didalam masing-masing mesin tersebut akan saling bekerja sama dan membentuk suatu fungsi yang berbeda pula pula.
Dalam perkembangannya sendiri, terdapat suatu organisasi dunia bernama U.S. National Nanotechnology Initiative memiliki suatu rencana besar untuk teknologi ini. organisasi ini dimotori oleh seseorang bernama Mihail(Mike) Roco. Roco sendiri membagi perkembangan nanoteknologi dalam 4 generasi.
1.       Passive nanostructures
2.       Active nanostructures
3.       Systems of nanosystems
4.       Molecular nanosystem
Generasi pertama dibuat ntuk membuat suatu struktur dari nanoteknologi sendiri yang memiliki satu fungsi khusus). Teknologi sekarang ini rata-rata masih menggunakan generasi ini. Kemudian generasi kedua didefinisikan sebagai struktur yang memiliki suatu fungsi yang lebih dari satu(multitask). Para peneliti mulai memasukkan geerasi ini keteknologi mereka dan mereka berharapan besar bahwa generasi ini akan membawakan kemampuan lebih untuk kebutuhan masa depan. Selanjutnya generasi ketiga yang dimana generasi ini memperkenalkan kepada kita suatu system yang terdiri dari jutaan struktur nano yang komplek. Generasi terakhir, yaitu generasi keempat didefinisikan sebagai suatu system berukuran nano yang dibuat dalam tingkat molekul(molecular level). System-sistem tersebut akan berkerja layaknya kehidupan manusia atau sel hewan.
Perkembangan teknologi ini sendiri sekarang berjalan dengan pesat. Hal tersebut juga tidak luput dari para konsumen dalam menggunakannya dengan tujuan mereka. Teknologi ini sendiri dikembangkan dalam produksi energy, kesehatan dan elektronik, sebagai mana permintaan konsumen. Selain itu ada kemungkinan teknologi ini akan dikembangkan dalam bidang militer. Nanoteknologi sendiri bisa dibuat untuk memproduksi suatu senjata yang sudah dalam tingkat yang mutakhir(atau bisa disebut keren abis). Para peneliti beranggapan bahwa kemungkinan kemungkinan yang tejadi akibat perkembangan teknologi ini masih banyak. Dan untuk iya tidaknya nanoteknologi dalam bidang militer masih belum terjadi. Akan tetapi mereka memiliki anggapan lebih juka itu semua hanya tergantung pada waktu saja. 
 Referensi :
http://www.crnano.org/whatis.htm
http://nanotechnology.com/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar